Minggu, 15 Januari 2012

Mau Tahu?

 Semut Merah sebagai Predator

Semut rangrang (semut merah) merupakan predator yang baik untuk pengendalian ulat bulu. Banyak sebutan untuk semut ini di antaranya semut rangrang, angkrang, semut merah, kranggan, semut kroto dan sebagainya. Akan tetapi yang lebih terkenal adalah kroto nya daripada nama semut hitam dan semut merah (rangrang). Selama ini semut memang dianggap mengganggu karena menyengat manusia. Tetapi serangga ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk predator membasmi hama khususnya ulat bulu. Pengalaman dengan lingkup yang kecil pernah diujicobakan ternyata hasilnya secara bermakna dapat menghilang ulat bulu. Perkembangbiakaan ulat bulu yang sangat dalam sekali bertelor bisa sampai 200-300 buah dibutuhkan predator yang juga banyak dan cepat berkembang biak. Semut merah adalah serangga yang tingkat perkembangbiakannya juga cepat. Sehingga bisa menangkal ulat bulu dengan cepat sesuai pola perkembanganbiakan ulat bulu. Dalam keadaan tertentu saat semut merah dapat melakukan fungsi predatornya terhadap ulat bulu maka keseimbangan semut merah juga tinggi. Tetapi untuk membasmi semut merah lebih mudah dan dengan musim hujan perkembangbiakkannya jadi terhambat.

0 komentar:

Posting Komentar

maaf kalu komentar sobat-sobat tidak dibalas dengan cepat. karena adminnya hanya saya yang tidak 24jam. Dan berkomentarlah yang sopan.
no spam, no rasist, no anarkis

StatCounter

View My Stats
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
AutoBacklinkGratisMajlis Link OtomatisFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services FreewebsitepromotionLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service
.

  • .

Brows