Jumat, 30 Maret 2012

Mesin Batik Karya kakak-kakak SMKN 4 Jakarta

Siapa yang suka membatik? pasti nggak ada yang jawab.
kalian tidak bisa menggunakan cantingnya ya sobat? sekarang tidak perlu menggunakan canting lagi untuk membatik. Jadi nggak susah-susah deh nyantingnya. Sekarang ada mesin batik tulis modern yang di ciptakan oleh anak SMK N 4 Jakarta.
Mesin batik tulis ini di rancang khusus dengan sistem CNC yang merupakan sebuah mesin produksi canggih masa kini. Bentuk yang menyerupai mesin bubut manual ini sangat cocok untuk proses produksi apalagi sistem controlnya dengan komputer sehingga tidak perlu rumit untuk setting kerjanya.
Jarum bisa bergerak meliuk-liuk mengikuti desain batik yang sudah dibuat dengan software Corel Draw atau Paint Windows. Robot itu terlihat lincah ketika diperagakan membatik desain Tugu Monas. Gambar sepasang kepala ondel-ondel yang terlihat rumit juga mampu dilahap robot tersebut dengan baik. Robot yang hanya menyedot setrum setara dengan setrika itu juga tidak rewel ketika membatik model ukiran dengan puluhan lengkungan.
gagasan membuat robot pembatik tersebut muncul sekitar Juni lalu. Saat itu, SMKN 4 Jakarta sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kontes produk kreatif Indonesia. Sebulan kemudian, robot yang dibuat keroyokan dengan modal awal dari kantong pribadi Agus tersebut jadi. Dia menuturkan, 75 persen komponen robot itu disusun dari alat-alat yang bisa diciptakan siswa sendiri. Sisanya sekitar 25 persen adalah produk impor.
Jadi, dengan adanya mesin bathik tulis ini, kita dapat penghasilan tambahan. Dan sobat-sobatku bisa lebih berkreasi  untuk membuat desainnya. Nggak usah takut hasilnya belepotan  nggak karuan. Iya kan?
hehe..

0 komentar:

Posting Komentar

maaf kalu komentar sobat-sobat tidak dibalas dengan cepat. karena adminnya hanya saya yang tidak 24jam. Dan berkomentarlah yang sopan.
no spam, no rasist, no anarkis

StatCounter

View My Stats
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
AutoBacklinkGratisMajlis Link OtomatisFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services FreewebsitepromotionLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service
.

  • .

Brows